Rabu, 17 November 2010

Bersuci

Thoharoh (Bersuci)

Arti Thoharoh, menurut bahasa adalah “Bersih”, tetapi menurut Syara’, artinya adalah bersih dari Hadats dan Najis. Dan bersuci dikarenakan Hadats hanya bagian Badan saja.
HADATS ADA DUA MACAM :
1. Hadats - Besar
2. Hadats - Kecil.
Cara menghilangkan Hadats besar ialah dengan Mandi atau Tayamum. Menghilangkan Hadats kecil bisa dengan Berwudhuk atau Tayamum. Bersuci dari Najis berlaku pada “Badan. Pakaian. dan Tempat”. Dan cara menghilangkannya ialah harus dicuci dengan Air Suci dan Mensucikan, yakni air bersih.

Kedudukan Thoharoh dalam Ibadat.
Thoharoh (bersuci) adalah suatu masalah yang penting dalam Agama Islam. Dan merupakan pangkal dan pokok dari Ibadah yang menjadi penyongsong (mengawali) bagi manusia dalam menghubungkan diri kepada Allah SWT.

عَـنْ أَبِـى مَالـِكٍ الأَشْـعَـرِى قَالَ : قَالَ رَسُـوْ لُ الـلّــــهْ صَـلَّى الـلّــــهُ عَــلَــيْـهِ وَسَــلَّـمَ الـطَّــهُوْرُ شَـطْـرَ اْلإِ يــْـمَانِ ، وَ الْـحَـمْـدُ لـِلّــــــــهِ
تَــمْـلأُ الْـمِـزَ انَ وَسُــبْحَانَ الـلّــــــهِ وَ ا لْـحَـمْـدُ لِـلّــــــهِ تَــمْــلآ نِ
أَوْ تَــمْـلأُ مَابـَـيْـنَ السَّــمـوَاتِ وَ اْلأَرْضِ وَ الصَّــــــــــــــلاَ ةُ نُــوْ رٌ، وَ الصَّـدَ قَـةُ بـُرْهَـانٌ وَ الصَّــبْــرُ ضِـيَاءٌ وَ الْــقُـرْآ نُ حُـجَــةٌ لَـكَ أَوْعَـلَــيْـكَ كُـلُّ الـنَّا سِ يَـخْـدُوْ فَــبَا ئِــحَ نَــفْـسَــهُ فَــمُـعَــتِــقُــهَا أَوْ مُـوْ بِــقُــهَـا

“Dari Abu Malik Asy-‘Ariy, katanya : “Bersabda Rasulullah Saw. “Kebersihan itu sebagian dari ke-Imanan. Membaca Shubhanallah dan Al-Hamdulillah. Pahalanya sebesar Langit dan Bumi. Sholat itu Pelita. Sedekah itu Bakti. Sabar itu Cahaya. Dan Al-Qur-aan itu akan menjadi Kawan atau Lawanmu. Manusia itu sepanjang hidupnya bekerja untuk keselamatan dirinya atau kecelakaan buat dirinya”. (H.R. Muslim)

Tidak Sah Sholat seseorang, jika tidak dengan ber-Thoharoh. Sabda Rasulullah Saw :
عَنِ ابْـنِ عُمَرَ قَالَ: إِ نِّـى سَمِعْتُ رَسُـوْلُ الـلّــهِ صَلَّـى الـلّـهُ عَـلَـيْهِ وَسَـلَّمَ يَـقُـوْ لُ:لاَ تُــقْــبَـلُ صَـلاَ ةٌ بِــغَـيْـرِطَــهُـوْ رٍ وَ لاَ صَـدَ قَــةٌ مِــنْ غُـــلُــوْ لٍ

“Dari Ibnu ‘Umar r.a. ia berkata : “Kudengar Rasulullah Saw. Bersabda Katanya :”Tidak diterima Sholat tanpa bersuci. Begitu pula Sedekah yang didapat dari Korupsi”. (H.R. Muslim)

عَنْ أَبِـى هُرَ يْـرَ ةَ عَن مُحَـمَّـدٍرَسُـوْ لِ الـلّــهِ صَـلَّى الـلّــهُ عَـلَـــيْـهِ وَ سَــلَّـمَ فَـذَ كَـرَ أَحَادِ يْثَ مِـنْـهَا وَ قَـالَ رَسُـوْلَ الـلّـهِ صَـلَّى الـلّــهُ عَـلَــيْــهِ وَ سَــلَّـمَ :لاَ تُــقْــبَـلُ صَـلاَ ةَ أَحَـدِكُــمْ إِ ذَا أَحْــدَثَ حَــتَّى يَــتََــوَ ضَّــأَ

"Dari Abu Hurairah r.a. berkata : Bersabda Rasulullah Saw :“Tidak sah Sholat seseorang yang berhadats. Sebelum ia berwudhuk”. (H.R. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar